Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / BUPATI BATANG MINTA ANGGOTA UPZ MAMPU KELOLA ZAKAT

Berita

Bupati Batang Minta Anggota UPZ Mampu Kelola Zakat

Batang - Bupati Batang Wihaji sangat apresiatif dengan adanya sosialisasi pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) bagi pengurus masjid se-Kabupaten Batang Tahun 2019 di Aula Kantor Bupati Batang, Rabu (21/9/2019).

Bupati Batang Wihaji mengatakan semua pengurus Masjid dapat meningkatkan pelayanan dalam pengumpulan zakat, sehingga bisa memberikan kontribusi di masyarakat melalui pemberdayaan zakat yang amanah, transparan, serta dapat dipercaya.

“Bila UPZ dapat dikelola secara profesional maka akan mampu berkembang, sehingga dapat mengatasi problematika sosial, utamanya dalam menyejahterakan rakyat, mengentaskan kemiskinan, serta banyak hal positif lain yang mampu dilakukan,” jelasnya.

Selain itu juga, lanjutnya, mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya zakat. Wihaji berharap anggota UPZ nantinya mampu mengelola zakat secara produktif.

“Oleh karena itu, UPZ juga mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya zakat. Sudah seharusnya para mustahiq diberikan pemahaman yang lebih terhadap hak-hak mereka,” jelasnya.

Disampaikan bahwa akan lebih bermanfaat jika zakat yang diterima bukan dalam bentuk uang, melainkan dalam bentuk ketrampilan maupun modal usaha. 

“Ini harus dipahami, sehingga nantinya melalui pengumpulan zakat dapat benar-benar mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Batang,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Jumadi)