Home / Berita / Teknologi / PRAMUKA MILENIAL DI BATANG SIAP HADAPI TANTANGAN REVOLUSI 4.0 LEWAT VLOG

Berita

Pramuka Milenial di Batang Siap Hadapi Tantangan Revolusi 4.0 Lewat Vlog

Batang - Menjadi anggota Pramuka di era milenial, harus melengkapi diri dengan berbagai kemampuan. Salah satunya dengan menyelami dunia teknologi informasi melalui video blogging (vlog) untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Hal itu dikarenakan para anggota Pramuka dituntut untuk mampu menghadapi tantangan di masa depan, terutama di era revolusi industri 4.0.

Kegiatan itu mulai dikenalkan dalam bentuk perlombaan kepada para peserta Jambore Ranting SD/MI Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Batang, sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun Paramuka ke-58, di lapangan Dracik Kampus Proyonanggan Selatan Kabupaten Batang, Rabu (14/8/2019).

Meskipun teknologi informasi sudah merajai di dunia informasi, namun wakil Ketua Bina Muda Kwartir Ranting Batang, Coyo selalu mengharapkan, agar anak-anak tetap menggunakan media sosial pada jalur yang benar pada segala kegiatan positif.

“Sehingga dengan perkembangan teknologi informasi ini, berdampak positif pula bagi kehidupan manusia

Salah satu peserta lomba vlog, Ghita Putri Azharia pelajar SD Negeri Proyonanggan 5 mengutarakan tentang semangatnya untuk mengikuti lomba itu karena tertarik dengan cara pembuatannya dan dapat bersosialisasi dengan banyak orang.

“Lewat media vlog saya bisa menyampaikan pesan kepada teman-teman, tentang keramaian dan begitu asyiknya mengikuti acara Jambore Ranting SD/MI ini. Jadi vlog ini bisa memberi tahu buat mereka yang belum datang, untuk segera bergabung biar bisa seru-seruan bareng,” terangnya.

Ia menuturkan, bagi teman-teman yang ikut berkemah, bisa mengetahui semua kegiatan selama tiga hari di sini dan bagi yang belum ikut, semoga setelah menonton vlog yang saya buat akan punya semangat untuk ikut berkemah bersama teman-teman yang lain.

“Saya menjadi anggota Pramuka, agar menjadi anak yang mandiri, memiliki semangat tinggi dan tidak mudah putus asa menghadapi tantangan di masa depan,” ungkapnya.

Pembina dan Pendamping SD Proyonanggan 5, Rizkika Wahid Widilaksa menambahkan, salah satu bentuk dukungan terhadap para anggota Pramuka milenial adalah dengan mengikuti lomba vlog.

“Anak-anak bisa memaksimalkan untuk mengolah kemampuan mereka dalam mengunakan media sosial secara tepat dan bijak,” tuturnya. (MC Batang, Jateng/Heri)