Home / Berita / Pemerintahan / HUT KEMERDEKAAN RI, BUPATI BATANG KIBARKAN MERAH PUTIH DI BAWAH AIR

Berita

HUT Kemerdekaan RI, Bupati Batang Kibarkan Merah Putih di Bawah Air

Batang – Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-74 Republik Indonesia, Bupati Batang Wihaji dibantu oleh Codass Prima Indonesia yang merupakan Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3) Khusus Bawah Air, berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di bawah air Kolam Renang Taman Hiburan Rakyat Kramat Kabupaten Batang, Rabu (14/8/2019). 

"Pengibaran ini sebagai momentum di hari kemerdekaan RI, karena rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Bupati Batang Wihaji. 

Dijelaskan pula bahwa Batang memiliki potensi wisata bahari untuk melihat langsung keindahannya dengan diving dan snorkeling di Pantai Celong. 

Penyelaman ini juga merupakan pertama kali dilakukan, di mana pada tahun depan akan kita kibarkan di dalam laut Pantai Celong, Kecamatan Banyuputih dan Telaga Sidringo Kecamatan Blado. 

"Sempat kesusahan menggunakan alat selamnya, karena baru pertama kali mencoba, sehingga sedikit grogi, susah napasnya," ujar Bupati.

Bupati juga menjelaskan, kegiatan ini merupakan pembinaan pekerja selam kelas satu dari PJK3, karena di Batang ada kebutuhan pekerjaan yang harus dilakukan di dalam air dan tetap menjadi perhatian Pemkab. 

"Keselamatan tenaga kerja menjadi faktor utama, maka harus ada pelatihan maupun pembinaan bagi pekerja penyelaman agat terlatih dan meminimalisir kecelakaan kerja,” terangnya. 

Sementara, Ketua Asosiasi K3 Adi Wardana mengatakan, kegiatan pengibaran bendera bersamaan dengan pembinaan bagi pekerja selam kelas satu yang diikuti oleh  18 orang dengan tujuan agar lebih mengerti tentang ilmu - ilmu K3 standar regulasi di Indonesia. 

"Bupati Wihaji cukup potensi menjadi penyelam, karena baru pertama menggunakan alat selam, cukup diberi pemahaman sedikit langsung bisa, namun harus banyak latihan menyelam," ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pembinaan pekerja selam sejumlah 18 peserta yang semuanya merupakan pekerja di Perusahaan Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang untuk dipekerjaan di dalam air seperti ngelas, grouting dan pekerjaan bawah air lainnya. (Humas Batang, Jateng/Edo)