Home / Berita / Pertanian / PANEN RAYA DI BATANG, PADI HASIL PUPUK ORGANIK WIJAYA KUSUMA

Berita

Panen Raya di Batang, Padi Hasil Pupuk Organik Wijaya Kusuma

Batang - Kodim 0736/Batang bersama Kelompok Tani Desa Pesaren, menggelar Panen Raya Padi Organik di Desa Pesaren, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Senin (12/8/2019).

Baminwanwil Sertu Yugo Rusianto mengatakan panen raya padi organik merupakan bentuk kolaborasi dan sinergitas antara petani dengan Kodim 0736/Batang untuk melindungi lahan pertanian berkelanjutan yang luasnya 9,5 Hektar dari 4 desa yaitu Pesaren, Pandansari, Kaliwareng dan Cepagan. 

“Dengan adanya kerjasama antara TNI dan petani diharapkan ke depan kita membantu masyarakat dengan swasembada pangan tidak perlu mengekspor dari luar,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, pendamping dari Demplot padi Hartoyo menyampaikan fungsi dari pupuk organik Wijaya Kusuma untuk menghasilkan padi yang organik atau tanaman yang organik. 

“Pupuk organik Wijayakusuma yang dikembangkan oleh putra – putri bangsa ini sangat baik dan bisa dilihat hasil panennya, karena pupuk organik Wijayakusuma tidak mengandung bahan kimia. Upaya TNI untuk meningkatkan kwantitas dan kwalitas hasil pertanian, karena banyak tanah alih fungsi yang semula dari sawah sudah banyak yang sekarang menjadi perumahan,” jelasnya.

Hartoyo berharap dengan adanya pupuk Wijaya Kusuma, tanaman padi akan kecukupan makanan yang diambil dari unsur hara tanah itu sendiri. Dengan adanya kecukupan makanan untuk tanaman itu sendiri diharapkan bibitnya menjadi unggul. 

Nur Cahyo selaku petani mengatakan dengan adanya bantuan pupuk organik Wijaya Kusuma ini sangat terbantu sekali, sehingga untuk pemulihan tanah itu dapat lebih efektif dan subur. 

“Saya berharap program ini tetap untuk ditindak lanjuti, mudah-mudahan bagi siapa saja dapat berminat untuk ikut kerja sama dengan Wijaya Kusuma, karena sangat membantu sekali,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Jumadi)