Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / BELAJAR BERKURBAN UNTUK MELATIH ANAK BERSEDEKAH

Berita

Belajar Berkurban untuk Melatih Anak Bersedekah

Batang - Untuk melatih anak-anak gemar bersedekah, siswa-siswi diberikan pelajaran tentang pentingnya berkurban bagi kesejahteraan umat dengan membiasakan bersedekah kepada yang membutuhkan dengan menyembelih satu ekor sapi di halaman SD Negeri Proyonanggan 11 Kabupaten Batang, Senin (12/8/2019).

Kepala SD Negeri Proyonanggan 11 Hartono mengatakan, kegiatan ini dilakukan setiap perayaan Hari Raya Iduladha, yang nantinya anak-anak akan terbiasa dan dekat dengan berkurban. 

“Makna berkurban adalah ketika kita mendapatkan rezeki dari Allah Ta’ala tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga bisa diberikan kepada orang lain, terutama mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan, insya Allah akan menerima keberkahannya,” tuturnya.

Ia mengucapkan syukur, karena kegiatan belajar berkurban ini dapat dilakukan tahun ini dan di tahun depan semoga bisa berjalan secara terus-menerus. 

“Sapi yang dikurbankan ini merupakan hasil iuran infaq saat pelajaran Pendidikan Agama Islam dari 150 siswa selama satu tahun, alhamdulillah dapat dibelikan satu ekor sapi dengan berat 1 kwintal,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Hartono menerangkan, nantinya selain daging akan dimasak untuk anak-anak, yang paling penting adalah dibagikan kepada warga sekitar yang kurang mampu di wilayah Proyonanggan.

Sementara saat ditemui usai menyaksikan penyembelihan hewan kurban, Syaula salah satu siswi mengungkapkan, sudah beberapa kali menyaksikan hewan kurban disembelih, namun tidak merasa takut, justru merasa iba.

“Tadi sudah melihat sapi disembelih bersama teman-teman dan Bapak/Ibu guru,” katanya.

Menurutnya, berkurban itu mengandung pelajaran berharga untuk membiasakan diri berbagi daging sapi atau kambing kepada sesama umat Islam terutama yang tidak mampu.

“Tetapi berbagi daging kurban juga bisa dilakukan kepada umat non muslim yang membutuhkan,” terangnya. (MC Batang, Jateng/Heri)