Home / Berita / Pembangunan / TAHUN INI, BUPATI BATANG PERCANTIK WAJAH KOTA

Berita

Tahun ini, Bupati Batang Percantik Wajah Kota

Batang - Kepemipinan Bupati Batang Wihaji dan Wakil Bupati Batang Suyono sudah memasuki tahun ketiga, dan pada tahun ini akan memprioritaskan penataan Kota Batang terutama pembangunan trotoar dan drainase. 

Trotoar dan drainase selain memberikan kenyamanan dan keamanan pejalan kaki serta kelancaran lalu lintas, juga merupakan salah satu penilaian keberhasilan pembangunan kota. 

"Wajah Kota Batang kuncinya berada di Kecamatan Batang, begitu juga maju mundurnya Batang," kata Bupati Batang Wihaji saat ditemui di Kantor Bupati Batang, Rabu (31/7/2019). 

Oleh karena itu, lanjutnya, tahun ini Pemerintah Kabupaten Batang berusaha mempercantik wajah kota agar lebih tertata. 

"Penataan trotoar dan drainase Jl. Gajah Mada Batang Kecamatan Batang mulai kita kerjakan sampai saat sekarang pengerjaannya sudah lima persen, pemeliharaan pedestrian bahu Jalan Ahmad Dahlan dengan nilai Rp139 juta progress pengerjaannya sudah selesai 100 persen," jelasnya.

Ia juga menyampaikan, di tahun ini juga ada penataan Jl. dr Sutomo Kecamatan Batang, Pemkab sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,7 miliar. Anggaran itu kita fokuskan untuk pembangunan Taman Soetomo. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Batang Ketut Mariadji melalui Kasi Pemeliharaan dan Pengawasan Bidang Jalan dan Jembatan, Endro Suryono menjelaskan, untuk pembangunan saluran drainase atau gorong - gorong tidak hanya di wilayah Kecamatan Batang saja, namun juga ada beberapa di wilayah lainnya. 

"Penataan trotoar dan drainase Jl. Gajah Mada nilainya mencapai Rp2,1 miliar dengan pengerjaan 90 hari dan akan selesai pada 24 September 2019," terangnya. 

Pengerjaan yang sama juga berada di Kecamatan Tersono, lanjutnya, yang lokasinya dari sebelah utara Masjid Jami'i Roudlotul Muttaqim sampai dengan MTs Nurussalam Tersono, dengan nilai anggaran Rp357 juta untuk progress pengerjaanya sudah lima persen. 

“Pembangunan Kecamatan Wonotunggal juga menyentuh drainase Jalan dari Tugu sampai dengan Pasar Manis dengan nilai anggarannya Rp331 juta, progress pengerjaan sudah lima persen. Kecamatan Bawang drainase jalan depan SMAN 1 Bawang- Jambangan nilai anggaran mencapai Rp196 juta,” sambungnya.

Ia menambahkan Kecamatan Limpung ada penataan trotoar Alun - Alun Limpung dengan nilai anggaran sebesar Rp561 juta, progress pengerjaan sudah 31 persen, penataan trotoar dan drainase Jalan Limpung- Banyuptuih Rp1,3 miliar. Dari pengerjaan proyek fisik tersebut akan rampung pada September 2019," pungkasnya. (Humas Batang, Jateng/Edo)