Home / Berita / Pariwisata / DUWIS 2019 USUNG PROGRAM MTV UNTUK PROMOSIKAN DESTINASI WISATA BATANG

Berita

Duwis 2019 Usung Program MTV untuk Promosikan Destinasi Wisata Batang

Batang - Sudah saatnya mempromosikan dunia pariwisata di era milenial menggunakan berbagai aplikasi online, dengan tujuan untuk lebih menarik dan mempercepat pengenalan sebuah destinasi wisata. Salah satu program yang dibawa oleh Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Batang 2019, Andrian Rayhan Yanamitofic dan Sri Rezeki adalah Milenial Tourism Vlog (MTV), yang cara kerjanya mengajak para youtuber dan publik figur, memperkenalkan suatu obyek wisata unggulan di Kabupaten Batang.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Batang, Wahyu Budi Santoso mengatakan, MTV merupakan ide yang cemerlang menggunakan kemampuan yang dimiliki Mas dan Mbak Batang, yaitu membuat vlog untuk setiap potensi yang ada Kabupaten Batang.

“Saya juga menyarankan, karena mereka memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, kami akan membuat obyek wisata dan ekonomi kreatif potensil juga akan dibuat vlog menggunakan dua bahasa yakni Indonesia dan Inggris,” tuturnya saat ditemui di Kantor Disparpora Kabupaten Batang, Selasa (30/7/2019).

Dikatakan, tujuannya agar destinasi wisata itu tidak hanya dinikmati oleh wisatawan domestik saja, namun juga oleh mancanegara akan lebih mengenal keindahan alam Kabupaten Batang. Kunjungan wisatawan mancanegara di tahun 2018 mencapai 350 orang. Harapannya di tahun 2019 dapat terjadi peningkatan yang luar biasa, berkat adanya program MTV guna menyukseskan Visit Batang Years 2022, Heaven of Asia.

Wahyu menambahkan, para wisatawan mancanegara lebih menyukai pada wisata Batik Rifa’iyah, karena tertarik untuk mempelajari cara membatik yang tergolong unik yaitu sambil melafalkan sholawat kepada Nabi Muhammad. 

“Di sisi budaya mereka tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang tradisi Nyadran Gunung Silurah dan obyek wisata Pagilaran yang sudah mempunyai program tahunan bersama komunitas pecinta teh dunia,” pungkasnya.

Mbak Kabupaten Batang Sri Rezeki memandang bahwa pariwisata di Kabupaten Batang sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar, namun dari sisi manajemen masih menjadi pekerjaan rumah yang besar, untuk semua pihak.

“Kontribusi saya sebagai Duta Wisata Kabupaten Batang, akan mengoptimalkan promosi destinasi wisata menggunakan program bernama MTV, karena di zaman milenial seperti ini, banyak warganya yang bermain di facebook, instagram atau youtube,” tuturnya.

Menurutnya, semua akan mudah tersampaikan kepada warganet menggunakan media sosial. Dalam waktu singkat, pesan untuk mempromosikan keunggulan pariwisata di Kabupaten Batang sudah tersampaikan kepada wisatawan mancanegara.

“Kita hanya membutuhkan waktu satu menit di instagram, tiga sampai lima menit di youtube. Diharapkan pesan-pesan pariwisata akan dikemas secara menarik, sehingga orang mau berkunjung ke sana,” terangnya.

Lebih lanjut, Jeje sapaan akrabnya, menerangkan MTV jadi lebih menarik, karena cita-cita saya supaya dapat berkolaborasi dengan para youtuber Indonesia.

“Mereka bisa mendukung dan secara tidak langsung pariwisata di Kabupaten Batang membuat orang semakin penasaran untuk berkunjung. Wah ternyata artis pun ikut mengvlog obyek wisata di Batang. Ditambah lagi harga tiket masuk yang sangat ramah di kantong,” paparnya.

Jeje beranggapan bahwa kaum milenial adalah garda terdepan untuk mempromosikan pariwisata. Tolok ukur suatu pariwisata dapat berkembang itu, dapat dinilai dari cara pemudanya bisa mengembangkan pariwisatanya menjadi lebih bermakna.

“Di MTV ini kami akan membuat setiap episodenya dikemas semenarik dan selalu terbaru, sehingga membuat warganet penasaran untuk terus mengikuti jalan ceritanya mirip seperti tema-tema “Game of Throne”,” pungkasnya.

Ditemui di tempat yang sama, Mas Kabupaten Batang Andrian Rayhan Yanamitofic sependapat dengan Kepala Disparpora untuk mempromosikan destinasi wisata yang terdapat di Kabupaten Batang menggunakan media sosial. 

“Masyarakat khususnya kaum milenial jadi lebih mudah dan cepat mengakses obyek-obyek wisata, untuk menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Termasuk akan membuat vlog bersama Mbak Batang 2019 Sri Rezeki, di destinasi wisata dan kawasan ekonomi kreatif, agar makin dikenal masyarakat luas,” ungkapnya. (MC Batang, Jateng/Heri)