Home / Berita / Teknologi / BPBD BATANG GELAR RENKON PENANGGULANGAN ERUPSI GUNUNG DIENG

Berita

BPBD Batang Gelar Renkon Penanggulangan Erupsi Gunung Dieng

Batang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang, menggelar rapat koordinasi Rencana Kontinjensi (Renkon) penanggulangan erupsi gas beracun Gunung Dieng di Ruang Ujungnegoro Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Kabupaten Batang, Senin (29/7/2019).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batang Ulul Azmi, mengatakan saat ini sedang menyusun Rekon tentang aktivitas gunung berapi Dieng. 

“Rekon ini disusun di tiga kabupaten yaitu, Kabupaten Batang, Banjanegara, dan Wonosobo,” ujarnya.

Ia menjelaskan rekon dimulai oleh BPBD Provinsi Jawa Tengah. Jadi, segala fasilitasi kegiatannya dari penyelenggaraan sampai penyusunan dokumennya ditanggung provinsi.

“Diperkirakan gunung berapi Dieng beraktivitas menimbulkan erupsi di Desa Pranten dan mengeluarkan gas beracun di Desa Gerlang,” terangnya.

Ia berharap masyarakat yang ada di sekitar gunung berapi Dieng menjadi masyarakat tangguh dan mampu menghadapi bencana agar bisa menyelamatkan diri supaya tidak menjadi korban. 

“Penanggulangannya yaitu melihat sejauh mana Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, dan masyarakat yang ada di sekitar gunung berapi Dieng itu sanggup untuk membentuk ketahanan masyarakat dalam menghadapi bencana,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Roza)