Home / Berita / Pariwisata / NTELISIK DAN PASAR NDALU, BENTUK PROMOSI WISATA SERTA BUDAYA DI BATANG

Berita

Ntelisik dan Pasar Ndalu, Bentuk Promosi Wisata Serta Budaya di Batang

Batang – Dalam rangka mempromosikan wisata dan Budaya di Kabupaten Batang Forum Silaturahmi Mahasiswa Batang (Forsimba), menyelenggarakan perkumpulan mahasiswa yang ke-4 dengan tema “Ntelisik Batang dan Pasar Ndalu Pesona Budaya Gringsing” di Balai Desa Gringsing, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jumat (26/7/2019).

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Batang Wahyu Budi Santoso mengatakan, Pemerintah Kabupaten Batang memiliki visi dan misi yang dapat meningkatkan berbagai faktor, terutama ekonomi masyarakat dengan mengedepankan produk unggulan desa dan mempromosikan potensi pariwisata dan budaya. 

“Oleh karena itu, untuk generasi muda jangan sampai melupakan sejarah dan budaya yang ada, dari mana kita berasal dan tentunya sebagai generasi milenial yang cerdas tidak lupa dengan budaya, karena budaya adalah warisan dari leluhur kita yang tentunya harus kita jaga,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, mahasiswa sebagai agen perubahan yang kekinian dan terbiasa dengan teknologi informasi, saya minta mereka dapat memviralkan ikon wisata dan budaya serta produk ekonomi kreatif unggulan yang ada di Batang,” ujarnya.

Ketua Forum Komunikasi Mahasiswa Batang, Syifagesti Hukma Nafila, mengatakan komunitas mahasiswa memiliki rasa cinta dan tanggung jawab terhadap desanya ikut membantu membangun, mempromosikan, dan menciptakan wisata dan budaya desa menjadi ikon.

“Sehingga, mahasiswa dapat berusaha untuk lebih mengenal desa Gringsing sendiri, karena budaya yang ada di sini harus benar-benar kita jaga dan menggali potensi serta menjembatani masyarakat dengan pemerintah terkait potensi yang ada,” terangnya.

Dijelaskan, dalam kegiatan ini kita juga akan berkunjung ke Makam Ki Ageng Gringsing dan Balekambang, karena ini merupakan sesepuh yang ada dan kita harus ingat untuk ziarah disana, sekaligus dari Komunitas Batang dapat mengarahkan dan menjelaskan tentang makam tersebut. (MC Batang, Jateng/Jumadi)