Home / Berita / IKM UKM UMKM / WUJUDKAN PROGRAM 1000 WIRAUSAHA BARU, DISPERINDAGKOP BATANG GELAR PELATIHAN UMKM

Berita

Wujudkan Program 1000 Wirausaha Baru, Disperindagkop Batang Gelar Pelatihan UMKM

Batang - Dalam rangka mewujudkan program Bupati Batang yaitu menciptakan 1000 Wirausaha baru di wilayah Kabupaten Batang, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Batang, menggelar pelatihan di bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk produk makanan ringan di Aula Gedung Pramuka Kabupaten Batang, Rabu (24/7/2019).

Kegiatan yang digelar selama tiga hari (23-25 Juli 2019) diikuti oleh 40 peserta dari berbagai wilayah di Kabupaten Batang yang sebelumnya sudah melalui tahap teknis pembuatan produk berupa makanan ringan yang bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Batang.

“Sasarannya yang berkaitan dengan makanan ringan, bagaimana mengembangkan dan menjual produk dengan baik, melalui bimbingan dididik agar lebih berkembang,” ujar Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Disperindagkop Kabupaten Batang Budi Santoso.

Dengan adanya pelatihan ini, lanjutnya, diharapkan masing-masing peserta usahanya berjalan dengan baik dan menjadi wirausahawan yang mandiri.

“Harapan kami usaha mereka berjalan dengan baik menjadi wiraushawan yang handal dan tangguh, dan kami akan memonitor perkembangan usaha mereka, sehingga betul-betul sampai dengan mandiri,” tandasnya.

Menurutnya Pemkab Batang akan menyiapkan kredit murah bekerjasama dengan Lembaga Perbankan yang nantinya akan digunakan oleh para wirausahawan sebagai modal dengan bunga yang ringan.

Irma (37), Wirausahawan di bidang makanan ringan asal Dracik Batang, menuturkan bahwa mengikuti kegiatan ini ingin menambah pengetahuan tentang manajemen penjualan yang dapat melancarkan usahanya.

“Saya ikut pelatihan ini dihubungi pihak Disnakertrans karena sebelumnya ikut Pelatihan di BLK (Balai Latihan Kerja) dan berlanjut ke sini untuk menambah pengetahuan agar pemasaran dan penjualannya rapi agar lebih lancar usahanya,” terangnya.

Disperindagkop sebelumnya telah menciptakan sebanyak 380 UMKM yang sudah terbentuk pada Tahun 2018. Di Tahun ini, Disperindagkop menargetkan terciptanya 200 Wirausaha baru. (MC Batang, Jateng/Umar)