Home / Berita / Pariwisata / BUPATI BATANG IKUT BERBENAH SAMBUT DIENG CULTURE FESTIVAL

Berita

Bupati Batang Ikut Berbenah Sambut Dieng Culture Festival

Batang - Bupati Batang Wihaji, ikut berbenah menyambut Dieng Culture Festival yang akan berlangsung 2-4 Agustus 2019.

"Moment agenda wisata tahunan ini, kebanyakan aksesnya lewat Batang, sehingga saya memastikan perbaikan jalan Bandar - Gerlang sudah 95 persen," kata Bupati Batang Wihaji saat melakukan inspeksi mendadak di ruas Jalan Bandar- Dieng dan Bawang- Dieng, Kabupaten Batang, Selasa (23/7/2019). 

Dengan perbaikan ruas jalan ini, lanjutnya, warga yang melewati maupun wisatawan bisa sampai ke Banjarnegara dengan lancar dan nyaman. 

"Ada kurang lebih 2 km akses jalan yang melewati Bawang - Dieng saat ini masih dalam tahap pengerjaan," tambahnya.

Ia menjelaskan pembangunan infrastruktur jalan merupakan sarana yang sangat vital dan memiliki dampak untuk kesejahteraan masyarakat.

"Ruas jalur Bandar-Dieng maupun Dari Bawang- Dieng sama - sama memiliki keindahan alam yang luar biasa, hamparan tanaman kentang dan hutan lindung seperti berada di negeri atas awan dengan ketinggian sampai 2000 mdpl," terangnya.

Ia juga mengatakan kedua ruas jalan ini merupaakan jalan wisata yang terintegrasi dengan Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. 

"Ini merupakan program pemerintah provinsi untuk bekerjasama dalam bidang pariwisata, karena di dua jalur wisata sudah tumbuh destinasi wisata baru seperti Si Kembang, Forest Kopi, Si Gembok dan wisata Damar Asri yang juga menyuguhkan kuliner dan wahana permainan serta pemandangan alam," sambungnya. 

Tidak hanya itu, Bupati juga meminta adanya rest area di sekitar dua ruas jalan ini, minimal sebagai tempat beristirahat. 

"Pemkab akan mencoba berkomunikasi denga Perhutani, agar memanfaatkan area perhutani sebagai rest area," pintanya.

Sementara Kepala Seksi Pemeliharaan dan Pengawasan Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Batang, Endro Suryono mengatakan, Pemkab fokus untuk membangun akses pendidikan, perekonomian serta kesehatan melalui perbaikan jalan. Untuk tahap pertama, ada 2,8 kilometer yang kini progressnya sudah 15 persen.

“Adapun dalam pembangunan jalan tembus Dieng via Kecamatan Bawang, Pemkab menganggarkan Rp6,7 miliar lebih,” tambahnya.

Ia menjelaskan pembangunan ini merupakan pembangunan lanjutan di mana sebelumnya pembangunan jalan beton sudah dilakukan sepanjang 6,8 kilometer. Ditargetkan 20 November mendatang jalan dengan lebar 5,5 meter, yang menggunakan beton kategori FS45 berstandar jalan nasional itu rampung dikerjakan.

“FS45 merupakan beton standar jalan nasional, dengan ketebalan 20cm. Pembangunan juga sudah kami koordinasikan bersama kementerian beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Selain jalan ini, lanjutnya, pengerasan jalan menuju SMPN 4 Bawang yang ada di Desa Rejosari juga akan dilakukan.

“Untuk akses pendidikan, jalan menuju SMPN 4 Bawang yang berada di perbatasan Batang-Banjarnegara tepatnya Deles- PT. Geodipa menganggarkan Rp2,6 miliar untuk pengerjaan jalan beton sepanjang 2,4 kilometer. Sekarang tahap pengerjaan 1,5 kilometer, sisanya akan dikerjakan secara bertahap,” imbuhnya.

Ia juga menyampaikan pembangunan di daerah perbatasan terkendala karena medan dan cuaca yang tidak menentu.

“Mobil pengangkut cor harus dikurangi kapasitasnya, yang biasanya mampu 7 kubik, menjadi 4,5 kubik. Hal ini dikarenakan kondisi medan penuh tanjakan,” pungkasnya. (Humas Batang, Jateng/Edo)