Home / Berita / Teknologi / SMK BERBASIS TEKNOLOGI SIAP BERKOMPETISI DI DUNIA KERJA

Berita

SMK Berbasis Teknologi Siap Berkompetisi di Dunia Kerja

Batang - Menghadapi dunia kerja yang semua sistemnya berbasis teknologi, maka Bupati Batang Wihaji dalam program “Bupati Mengajar” di SMK Nahdlatul Ulama (NU) Bandar Kabupaten Batang, Selasa (23/7/2019), mengimbau agar seluruh lulusan SMK mampu bersaing di dunia kerja menggunakan aplikasi sistem internet maupun jaringan.

“Menyambut revolusi industri 4.0, dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni di bidang teknologi informasi. Dibutuhkan orang-orang yang berkemampuan lebih dan tingkat intelejensi tinggi,” terang Bupati usai menyampaikan materi “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Dunia Kerja”.

Lebih lanjut, Bupati mengemukakan, di masa depan kebutuhan akan tenaga kerja sangat ditentukan oleh kemampuan dari tiap individu.

Berbicara tentang sekolah berbasis keagamaan, maka SMK NU harus lebih menguatkan basis moralitas para peserta didiknya. 

“Untuk menunjang itu semua, ke depan dibutuhkan pula manusia yang memiliki integritas dan kejujuran tinggi, karena akan berkompetisi dengan dunia luar,” tegasnya.

Bupati Wihaji mengingatkan, agar para peserta didik khususnya SMK akan menghadapi masa persaingan yang luar biasa dalam mendapatkan pekerjaan. 

“Tidak ada lagi sistem koneksi orang dalam, untuk memperoleh pekerjaan, tetapi dituntut kemampuan dan intelektualitas pribadi, jika ingin meraih kesuksesan,” pungkasnya.

Pembina SMK NU Bandar, Muhammad Nur Yasin menuturkan, kunjungan Bupati Wihaji melalui “Bupati Mengajar”, tepat dalam mendukung pendidikan budi pekerti kepada para peserta didik.

“Materi yang disampaikan Bupati Wihaji sangat sesuai untuk menguatkan mental anak, dalam menghadapi revolusi industri 4.0,”. Tetapi justru yang paling utama adalah sikap akhlakul karimah siswa, karena merupakan benteng terkuat supaya teknologi itu tidak disalahgunakan,” tuturnya.

Sementara salah satu siswi, Amrina Rosada mengungkapkan, adanya revolusi industri 4.0 merupakan sarana yang positif, untuk menunjukkan kemampuan anak-anak SMK yang siap dan bisa bersaing dalam dunia kerja menggunakan aplikasi maupun jaringan.

“Terlebih lagi sudah dikunjungi langsung Bapak Bupati Batang Wihaji, itu membuktikan bahwa kami benar-benar berkualitas,” ucapnya.

Amrina mengharapkan, generasi milenial bisa menciptakan lapangan kerja baru, sehingga bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Batang. 

“Untuk meningkatkan kualitas SDM generasi milenial, kita tidak boleh egois dan lebih giat dalam menuntut ilmu yang tetap diiringi iman dan taqwa,” terangnya. (MC Batang, Jateng/Heri)