Home / Berita / Teknologi / FANTA GAGAS APLIKASI URIPORT, SEBAGAI MEDIA KONSULTASI BAGI ANAK

Berita

FANTA Gagas Aplikasi Uriport, Sebagai Media Konsultasi Bagi Anak

Batang - Forum Anak Batang (FANTA) mengenalkan sebuah aplikasi Uriport yang dapat digunakan sebagai media bagi anak untuk berkonsultasi, setiap kali mengalami permasalahan, secara online.

Ketua FANTA, Neskariah yang saat ini duduk di kelas XII, ketika ditemui di SMAN 2 Kabupaten Batang, Senin (22/7/2019) mengutarakan, Uriport adalah aplikasi sosial media yang dapat memberikan solusi apabila seorang anak sedang mengalami permasalahan dengan teman atau masalah lain berkaitan dengan anak. 

“Anak bisa menyampaikan curahan hatinya melalui aplikasi Uriport, di dalamnya terdapat berbagai pilihan seperti facebook, WhattApp atau SMS. Teman-teman tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini bersifat pribadi, hanya anak yang mempunyai masalah dengan Uriport saja, sehingga terjamin kerahasiaannya,” jelasnya.

Ia menerangkan, tujuannya adalah ketika menghadapi permasalahan buliying, agar teman-teman tidak ikut-ikutan menghina. Di aplikasi itu, juga disampaikan tentang bahaya perkawinan anak, jika dilakukan sebelum usia yang ditentukan.

“Setelah disampaikan saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah beberapa hari lalu, para murid jadi mengetahui kapan usia yang tepat untuk menikah, dampak dari buliying bagi kejiwaan anak dan yang terpenting kami mensosialisasikan Forum Anak, sebagai sarana bagi mereka menyampaikan permasalahan yang dihadapi,” paparnya.

Sementara ditemui di tempat yang berbeda, Kepala Seksi Perlindungan Anak, DP3AP2KB Kabupaten Batang, Yusuf Nuryanto menambahkan, dengan adanya fasilitator sebaya yang dibentuk dalam Forum Anak, anak-anak akan lebih mudah menerima, dibandingkan jika orang tua yang menyampaikan imbauan, ketika mengalami permasalahan.

“Forum Anak bisa mengarahkan agar teman-teman sebayanya memiliki kegiatan yang positif dan membangun bagi kepribadian serta kejiwaan anak yang baik di masa depan,” ungkapnya.

Menurutnya, Forum Anak dapat terus menggelar diskusi antar sebaya, agar setiap kali mempunyai keluhan segera menemukan solusi, terutama yang memanfaatkan aplikasi Uriport. (MC Batang, Jateng/Heri)