Home / Berita / UKM / 60 UMKM RAMAIKAN BAZAR TAKJIL VETERAN

Berita

60 UMKM Ramaikan Bazar Takjil Veteran

Sebanyak 60 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) se-Kecamatan Batang memeriahkan bazar takjil selama bulan Ramadhan 1438 H. Gelaran bazar takjil yang diadakan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Disperindagkop dan UMKM) di jalan Veteran Batang pada tahun ini merupakan tahun kelima.

“UMKM yang membuka lapak dagangannya rata-rata sudah mendaftar satu bulan sebelumnya dan dibandingkan dengan bazar takjil tahun lalu sekarang jauh lebih banyak yang bergabung,” ujar Firqoh pedagang sosis bakar yang ikut berpartisipasi di bazar takjil saat ditemui pada Rabu (31/5).

Dirinya sudah bergabung setiap dibukanya pendaftaran bazar takjil, karena mempermudah bagi para pedagang untuk sekaligus mempromosikan produknya. “Pertama kali diadakan oleh Disperindagkop dan UMKM tidak perlu mendaftar karena UMKM yang bergabung belum sebanyak seperti saat ini, tapi sekarang harus mendaftar 1 bulan sebelumnya,” terangnya.

Di tengah kesibukannya melayani pembeli, Firqoh mengharapkan supaya jam buka bazar takjil dikembalikan seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu dari jam 15.00-22.00 wib. Disamping itu dia juga memohon agar lampu penerangan ditambah lagi.

Sedangkan menurut Kasi Ekspor Impor dan Pemasaran Disperindagkop dan UMKM M. Palali, Bazar Takjil ini dibuka dari 29 Mei hingga 12 Juni, dibuka mulai jam 15.00-20.00 wib. Bertujuan untuk mempermudah konsumen untuk memenuhi kebutuhan selama bulan ramadhan karena banyak menu yang disajikan.

“Selain itu yang terpenting adalah bazar takjil ini merupakan ajang promosi bagi para UMKM di Batang apalagi para pedagang tidak dipungut biaya, mereka tinggal mendaftar saja ke Disperindagkop dan UMKM,” terang Palali.

Sementara itu Rini salah seorang konsumen yang membeli kebutuhan ramadhan mengatakan dirinya sangat terbantu dengan adanya bazar takjil ini. Banyak jenis kuliner yang dijajakan mulai dari makanan kecil seperti kolak, bubur dan beragam masakan. “Saya sudah sering membeli semua kebutuhan ramadhan di bazar takjil karena harganya lebih murah,” ujarnya.

Bazar takjil ini hanya dibuka di jalan Veteran saja. Sengaja terpusat di Batang karena tujuannya agar mempermudah konsumen untuk memperoleh bahan makanan selama bulan ramadhan. Tidak hanya itu, kue dan makanan khas lebaran pun bisa didapatkan. Sehingga masyarakat tidak perlu repot-repot meluangkan waktu lagi. Semua sudah tersedia di bazar takjil jalan Veteran Batang. (Heri/Mcbatang)