Home / Berita / IKM UKM UMKM / SERABI KALIBELUK, KULINER BATANG DENGAN RASA LEGIT DAN MANIS

Berita

Serabi Kalibeluk, Kuliner Batang Dengan Rasa Legit dan Manis

Batang - Siapa yang tidak tahu serabi, cemilan jajanan pasar tradisional asli dari Indonesia ini dapat dijumpai di berbagai daerah, diantaranya di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Berbeda dengan serabi-serabi yang lainnya, serabi khas Kabupaten Batang ini berukuran cukup besar dan tebal dengan rasanya yang legit, manis juga gurih. Dikenal dengan nama khasnya yaitu Serabi Kalibeluk karena asal pembuatannya dari Desa Kalibeluk, Kecamatan Warungasem. 

Seperti yang disampaikan oleh Fadhilah (53), merupakan keturunan pembuat serabi kalibeluk pada generasi ke tiga di keluarganya, dan sudah puluhan tahun menekuni usaha serabinya yang memang menjadi usaha turun-temurun di Desa Kalibeluk, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Jumat (5/7/2019).

Serabi yang sudah menjadi makanan khas Kabupaten Batang ini kaya akan nilai filosofis untuk itu, Fadhilah tetap menjaga rasa khas serabi kalibeluk. Semua pembuatannya dilakukan dengan cara tradisional, bahkan serabi yang berbahan dasar beras dan parutan kelapa ditumbuk dengan peralatan yang dibuat sendiri dari kayu. 

Dalam memasaknya, dibutuhkan kesabaran karna wadah-wadah yang berisi adonan yang dimasak di atas tungku harus saling dibalik dan diubah posisi, hal itu dilakukan agar adonan serabi dapat matang merata. 

"Harus dibalik-balik dan diubah ubah posisinya, yaaa biar matangnya merata. jadi memang harus sabar sampai matang kematangan serabi bisa dilihat dari tekstur dan warna yang agak kecoklatan," tuturnya 

Dalam satu hari, Fadhilah bisa membuat 50 tangkap serabi yang ia jajakan sendiri di Pasar Warungasem yang dijual Rp6.000,00 per serabi. (MC Batang, Jateng/Jumadi)