Home / Berita / Pembangunan / WABUP BATANG BERPESAN KEPADA JURI JUJUR DALAM MENILAI LOMBA IRIGASI UPTD

Berita

Wabup Batang Berpesan Kepada Juri Jujur Dalam Menilai Lomba Irigasi UPTD

Batang -  Wakil Bupati Batang Suyono, menerima tim penilai lomba irigasi Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) P2PU Wilayah Bandar untuk maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah di Ruang Abirawa Kantor Bupati Batang, Selasa (18/6/2019). 

Wakil Bupati Suyono mengatakan jalan mulus dan irigasi terurus menjadi visi misi Pemerintah Kabupaten Batang, sehingga moment seperti ini nantinya bisa lebih mengontrol irigasi dan diharapakan ada rekomendasi agar air pertanian dapat tercukupi. 

"Kami sangat menjaga tata ruang yang berkaitan luasan lahan pertanian dan menjaga ketersediaan, kebersihan air. Jangan  sampai luasan lahan pertanian tidak mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Kabupaten Batang," ujarnya.

Ia juga berharap kepada tim penilai untuk menilai dengan sejujur - jujurnya, karena kita tidak ingin menjadi juara atas dasar kedekatan maupun pemberian, tapi karena benar - benar berinregritas dan layak berprestasi. 

"Juara karena prestasi, menunjukan ada proses yang baik, progresnya terukur secara dan administarsi dan kegiatan lapangannya benar nyata tidak ada rekayasa," jelasnya.

Wabup juga menambahkan telah melakukan koordinasi dengan pihak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPRD Jawa Tengah, untuk meminta bantuan anggaran perbaikan irigasi dan rencananya Pemprov membantu anggaran perbaikannya di anggaran perubahan 2019. 

"Saya akan segera mengirimkan nama irigasi  yang harus dibantu oleh Pemprov, ini menepati janji saya kepada rakyat yaitu jalan mulus dan irigasi terurus," pungkasnya.

Ketua Tim Penilai dari Balai PSDA Pamali Comal Rahman Wahyu Adi mengatakan, tim juri yang akan menilai ada lima orang dari praktisi Sumber Daya Air yang dalam menilainya ada dua tahap yaitu lapangan dan sarasehan atau paparan dari kepala UPTD nya. 

"Kami akan menilai jaringan irigasinya, serta administrasi blangko dan adminstrasi gudangnya, kalau memang berhasil menjadi juara akan kita ikutkan lagi ke tingkat nasional," jelasnya. 

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air Ketut Mariadji menjelaskan, bahwa keikutsertaan lomba merupakan sejarah baru bagi Pemkab Batang, karena hampir 17 tahun tidak pernah ikut lomba. Sehingga, di tahun lalu ini kita dorong petugas perairan dan mampu menjadi juara dua di tingkat balai. 

"Tahun ini kita ajukan dua yaitu petugas mantri perairan dan UPTD ke tingkat Provinsi," jelasnya.

Ia berharap dengan mengikuti lomba untuk menyemangati petugas perairan, karena kami juga punya lima UPTD yang membawahi tiga kecamatan. 

"Oleh karena itu, kami minta dukungan anggaran mendukung perbaikan sarana dan prasarana dibendung maupun di saluran irigasinya, maupun prasarana lainya untuk menunjang pelayanan irigasi dalam kelancaran ketersedian air untuk pertanian," pungkasnya. (Humas Batang, Jateng/Edo)