Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / ANTISIPASI TAKBIR KELILING, POLRES BATANG MAKSIMALKAN KEAMANAN

Berita

Antisipasi Takbir Keliling, Polres Batang Maksimalkan Keamanan

Batang - Kepolisian Resor (Polres) Batang bersama dengan Kodim 0736/Batang dan Dinas Perhubungan, siap mengamankan tradisi Takbir Keliling di malam hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah di Kabupaten Batang. 

Kepala Polres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga usai Apel Gelar Pasukan Pengamanan Malam Tahun Takbiran Operasi Ketupat Candi 2019 di Mapolres Batang, Selasa (4/6/2019) mengatakan, Polres telah menyampaikan surat berisi imbauan kepada seluruh kepala desa agar tidak melakukan takbir keliling berkendara karena kegiatan itu akan menganggu arus lalu lintas.
"Untuk memaksimalkan antisipasi pengamanan, kami akan menjaga rute-rute yang akan dilakukan oleh takbir keliling oleh warga agar tidak mengganggu arus lalu lintas di jalur pantai utara (Pantura)," ujarnya.
Menurutnya, untuk mengantisipasi takbir keliling berkendara, polres akan menyiapkan rekayasa lalu lintas, sehingga warga tidak melintas pada wilayah-wilayah rawan macet.
Di Kabupaten Batang, lanjutnya, polres akan fokus pada pengamanan malam takbiran di wilayah Kecamatan Batang Kota, Limpung, Gringsing, dan Subah.
"Biasanya, masyarakat di wilayah ini akan melakukan tradisi takbir keliling. Namun, kami telah siapkan langkah antisipasi (pengamanan) agar tidak mengganggu arus lalu lintas dan tetap terjaga ketertiban di masyarakat," jelasnya.
Terkait dengan aksi bom bunuh diri di Kertosuro, jelasnya, polres telah melakukan pengamanan khusus personel untuk mengantisipasi aksi teror.
"Kami minta seluruh anggota meningkatkan kewaspadaan dan amati perilaku masyarakat yang melakukan malam takbiran," katanya.
Ia menyampaikan selain aksi teror, hal yang perlu diantisipasi pada kegiatan malam takbiran ini adalah kerawanan tawuran antarwarga dalam merayakan Lebaran.
"Karena euforia yang berlabihan terkadang akan memicu warga melakukan aksi yang tidak kita ingin bersama. Oleh karena itu, kami juga menekankan pada personel agar melakukan pendekatan humanis dan humoris saat berhadap dengan masyarakat," ujarnya.
Dalam Apel Gelar Pasukan Pengamanan Malam Tahun Takbiran Operasi Ketupat Candi 2019 diikuti oleh anggota Polisi Polres Batang, Anggota TNI Kodim 0736 Batang, Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Batang dan Personil Dinas Perhubungan Kabupaten Batang. (Humas Batang, Jateng/Edo)