Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / KAMPUNG RAMADAN YANG MEMBAWA KEBERKAHAN

Berita

Kampung Ramadan yang Membawa Keberkahan

Batang - Kegiatan classmeeting yang digelar para siswa SMAN 1 Batang kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena pelaksanaannya bersamaan dengan datangnya bulan suci Ramadan. Maka, di bulan yang penuh berkah ini para siswa mendapatkan manfaat dari setiap kegiatan yang dilakukan selama lima hari, khususnya tentang ilmu keagamaan di Musholla SMAN 1 Kabupaten Batang, Senin (27/5/2019). 

Kepala SMAN 1 Batang, Siti Ismuzaroh mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan antara lain kajian Ramadan yang bisa menambah ilmu tentang keagamaan, tadarus Alquran yang akan menambah pahala dan keberkahan Ramadan. 

“Daripada anak melakukan kegiatan yang tidak ada manfaatnya, akan lebih baik jika mengikuti kegiatan keagamaan di Kampung Ramadan, untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan” ungkapnya.

Ia menerangkan, untuk meningkatkan kompetensi dalam berorasi di bidang keagamaan dengan mengikuti lomba kuliah tujuh menit (kultum). Ada juga lomba cipta seni lagu sahur atau yang lebih sering disebut “tong-tong prek”. 

“Lomba tong-tong prek ini bermanfaat untuk mengasah kemampuan otak kanan anak dan meningkatkan daya imajinasi serta melatih olah rasa,” tuturnya.

Ismuzaroh mengharapkan, sekecil apapun kebaikan yang dilakukan di bulan suci Ramadan, pasti  akan berbuah manis yaitu pahala yang berlimpah. Maka di waktu yang sesempit ini harus kita manfaatkan sebaik mungkin.

“Karena kita tidak tahu kapan akan dipanggil menghadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka harus memanfaatkan waktu-waktu saat di sekolah atau senggang dengan selalu mengucap syukur, tadarus Alquran,” pungkasnya.

Ketua Panitia Kampung Ramadan SMAN 1 Batang, Dimas Nur Oktafiyanto menuturkan, setiap hari siswa akan mengikuti kegiatan tadarus Alquran dan kajian Islam. Disamping itu, siswa juga diharuskan mengikuti lomba tilawah Alquran, khitobah atau pidato Islami, kaligrafi dan tong-tong prek.

“Lomba tong-tong prek baru kali ini digelar, supaya di bulan suci Ramadan dapat menimbulkan kesan meriah,” katanya.

Menurutnya, kegiatan yang digelar di Kampung Ramadan bermanfaat untuk menambah wawasan keagamaan siswa dan mengisi waktu luang dengan kegiatan positif.

“Semoga semua siswa SMAN 1 Batang bisa meningkatkan kreativitasnya dalam hal-hal positif,” ungkapnya. (MC Batang, Jateng/Heri)