Home / Berita / Ekonomi / MAMPU MENOPANG KEBUTUHAN NASIONAL, BUPATI BATANG SAMBANGI PETANI BAWANG PUTIH

Berita

Mampu Menopang Kebutuhan Nasional, Bupati Batang Sambangi Petani Bawang Putih

Batang - Disela kesibukannya yang sangat padat di bulan Ramadan, Bupati Batang Wihaji tetap menyempatkan waktu untuk menyambangi petani bawang putih di Desa Deles, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Senin (27/5/2019).

Kecamatan Bawang merupakan salah satu wilayah agraris dengan kultur tanah yang subur untuk tanaman holtikultural, pasalnya terletak di ketinggian sekitar 600 mdpl, sehingga cocok juga untuk tanaman bawang putih. 

"Kecamatan Bawang memiliki success history dalam tanaman bawang putih, oleh karena itu harus ada regenerasi petani yang melanjutkan suksesnya," kata Bupati Batang Wihaji.

Ia juga menjelaskan bawang putih merupakan salah satu komoditas hortikultura yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Kalau berhasil membudidaya bawang putih, Kecamatan Bawang akan menjadi salah satu penopang kebutuhan pangan nasional. 

"Pemkab Batang terus mensupport petani, kalau memang ada kesulitan dalam pembudidayaan tanaman maupun permasalahan hama, dinas pertanian siap membantu dan mendampingi petani," terangnya. 

Apalagi stok dan kebutuhan bawang putih di Indonesia sangat kurang, lanjutnya, sehingga sangat tergantung sekali pada impor. Pada bulan kemarain kita sudah berhasil panen di bulan Februari dan Maret, yang mampu membantu menopang kebutuhan nasional, walaupun di awal Ramadan sempat ada kenaikan drastis. 

"Oleh karena itu, kita tingkatkan inovasi perubahan-perubahan dalam petani, sehingga dapat memberikan manfaat yang sangat besar untuk kesejahteraan masyarakatnya," ujarnya. 

Sementara Ketua Gabungan Kelompok Tani Peni Murni Desa Deles Nur Kholis menjelaskan demplot tanaman bawang putih di Kecamatan Bawang sudah mulai dari tahun kemarin, yang bekerja sama dengan Bank Indonensia cabang Tegal dan berhasil. 

"Tanaman bawang putih tahun kemarin cukup berhasil, sehingga menambah demplot yang dulu hanya kecamatan Bawang saja, sekarang merambah ke Kecamatan Reban," katanya. 

Untuk tanaman bibit bawang putih lanjutnya, sekarang ditanam di Kecamatan Bawang seluas 15,1 hektar, di Kecamatan Reban yang bekerjasama dengan PT. Bulir Padi Lintas Nusantara seluas 5,9 hektar, dengan APBN seluas 50 hektar, PT. Insan 24 hektar PT. Berkat Provisenta 18 hektar. 

"Tanaman bawang memiliki usia panen sampai 120 hari, kelompok kami dalam produksi 1 hektar mampu panen mencapai 6.3 ton bawang putih basah," terangnya. (Humas Batang, Jateng/Edo)