Home / Berita / Pemerintahan / BUPATI MENERIMA KUNJUNGAN TIM UJI PETIK PENGHARGAAN SATYALANCANA PEMBANGUNAN

Berita

Bupati Menerima Kunjungan Tim Uji Petik Penghargaan Satyalancana Pembangunan

Dalam rangka proses verifikasi terhadap usulan calon penerima tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan (SP) di Pemerintah Kabupaten Batang, Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo yang didampingi SKPD terkait menerima secara langsung rombongan dari Tim Uji Petik yang terdiri dari unsur Sekretariat Militer (Dewan Gelar, Tanda jasa dan Tanda Kehormatan) bersama Tim Teknis BKKBN Pusat yang berjumlah 6 orang dan didampingi 3 orang dari BKKBN Provinsi Jawa Tengah yang bertempat di ruang meting room bupati batang senin 13 juni 2016. 

Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo mengatakan pemerintah Kabupaten Batang melalui SKPD terkait yakni Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) dan dengan didukung oleh instansi yang lain berkomitmen untuk terus memfasilitasi berbagai permasalahan di bidang keluarga berencana. Adanya pencanangan terkait dengan keluarga berencana masyarakat secara umum tanggapan untuk KB sangat antausias tidak seperti tahun-tahun yang dulu, dan ada beberapa tugas yang harus kita laksanakan, dan untuk petugas Kb sendiri saya tambah, dan ini memang perlu sentuhan yang sangat luar biasa kata Bupati. Dan pemerintah kabupaten batang sangat mendukung program kependudukan dan keluarga berencana, bukti tersebut diantaranya pada tahun 2015 kabupaten batang telah memperoleh prestasi dalam bidang kependudukan dan keluarga berencana yakni juara I KB Lestari Teladan 10 tahun tingkat provinsi Jawa Tengah atas nama bapak Panggih dan Ibu Ponidah dari desa Bawang, dan juara II pemilihan KB perusahaan terbaik tingkat provinsi Jawa Tengah atas nama PT Pagilaran Kecamatan Blado. Serta juara III penyuluh KB/ PLKB teladan tingkat provinsi Jawa Tengah atas nama Sri Mulyoningsih dari PLKB Kecamatan Warungasem Batang. Kemudian untuk tahun 2016 kabupaten batang juga sudah meraih prestasi antara lain juara I lomba kelompok bina keluarga remaja (BKR) tingkat provinsi jawa tengah atas nama BKR Pasopati desa kebondalem Kecamatan Gringsing dan masuk nominasi tingkat nasional dan masih banyak prestasi yang lain. Tim Uji Petik dari BKKBN Pusat Sugiyatno mengatakan untuk pelaksanaan uji petik usulan calon penerima tanda kehormatan Satyalancana pembangunan bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada pengambil kebijakan khususnya Bupati dimasing-masing daerah atas prestasi yang luar biasa yang telah dicapai selama kurun waktu 2 tahun terakhir. 

Sugiyatno menambahkan kami dari BKKBN akan memberikan reward tersebut kepada bupati dan nanti penghargaan tersebut akan diberikan secara istimewa karena akan disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Ini merupakan penghargaan program Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluiarga yang memiliki prestasi sangat luar biasa oleh bupati di daerahnya, kriteria penilaian ini sangat komperehensif yakni kriteria dari segala aspek berkaitan dengan program mulai dari anak, remaja, lansia dan pemberdayaan ekonomi yang tentu meliputi semua aspek tandas sugiyatno. Kemudian dilanjutkan kunjungan lapangan yang diikuti oleh tim penilai da dinas terkait Kegiatan tersebut diikuti oleh Dandim 0736 Batang, anggota DPRD Kabupaten Batang, perwakilan dari Polres Batang, dan Kepala SKPD terkait.