Home / Berita / Kesehatan / BAKTI TNI UNTUK CIPTAKAN GENERASI SEHAT DAN MANDIRI

Berita

Bakti TNI Untuk Ciptakan Generasi Sehat dan Mandiri

Bertahun – tahun Posyandu di RW VII desa Subah setiap pelayanan kesehatan untuk penimbangan para balita dilakukan dengan berpindah – pindah mulai dari rumah warga hingga ke markas Koramil Subah. Karena keterbatasan lahan akhirnya perwakilan warga mencoba untuk “meminjam” lahan kosong milik Koramil Subah agar dapat digunakan sebagai Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu). Memerlukan waktu 2 tahun mulai dari  proses negosiasi hingga pembangunan Posyandu. Letkol Inf Andiek Prasetyo Awibowo yang saat itu menjadi Dandim 0736 Batang menyetujui pembangunan Posyandu di lahan milik Koramil Subah. Dilanjutkan pada masa Letkol Inf Fajar Ali Nugraha pun demikian usulan tersebut langsung disambut baik asalkan ada hitam di atas putih yang jelas. Peresmian dilakukan oleh Danramil 01 Subah Kapten Inf Bardi yang mewakili Dandim 0736 Batang disaksikan Kepala Desa Subah Kisriyanto dan seluruh warga sekitar beberapa waktu lalu.


“Awalnya dua tahun yang lalu saat masuk pertama kali menjadi Danramil di sana saya mendapat informasi bahwa Posyandu di RW VII berpindah – pindah, kadang di rumah warga sekitar dan sering pula di Koramil. Setelah bertemu dengan perwakilan warga saya lapor kepada Dandim Andiek waktu itu, beliau langsung setuju untuk membangun Posyandu di lahan milik Koramil Subah,” terang Bardi.


Sama halnya, lanjutnya waktu Dandim Fajar bertugas di Kodim Batang saya langsung melaporkan untuk meminta ijin pembangunan Posyandu di lahan tersebut. Dan Alhamdulillah Pak Fajar langsung menyetujui disertai MoU. Dalam perjanjian disebutkan karena ini sifatnya meminjam tempat, maka apabila suatu saat Kodim memerlukan warga harus mempersilahkan.


Bardi mengharapkan karena ini adalah tanah milik Negara maka mari kita jaga dan rawat bersama kerapian, kebersihan dan digunakan sebagaimana mestinya untuk kepentingan Posyandu.


Kepala Desa Subah Kisriyanto menambahkan bahwa pembangunan Posyandu tersebut adalah hasil dari swadaya warga dan dibantu  dana desa. Semua perlengkapan di Posyandu juga swadaya warga RW VII. Dia mengharapkan karena sarana sudah terpenuhi agar kedepan kegiatan Posyandu ini semakin maju baik di tingkat RT/RW maupun desa. Ini merupakan wujud bakti dari TNI untuk  menciptakan generasi yang sehat dan mandiri. (Heri/MC)