Home / Berita / Pembangunan / PENJABAT BUPATI BATANG RESMIKAN JALAN HASIL TMMD

Berita

Penjabat Bupati Batang Resmikan Jalan Hasil TMMD

Pelaksanaan Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I Tahun 2017 di Tingkat Kabupaten Batang yang dilaksanakan di Desa Wonokerso Kecamatan Limpung 4 mei 2017.


Kapten Inf Supirno selaku pelaksana dalam laporannya mengatakan kegiatan TMMD Sengkuyung I Tahun Anggaran 2017 di desa Wonokerso Kecamatan Limpung Kabupaten Batang dengan sasaran fisik terdiri dari sasaran pokok yakni Telford/makadam jalan sepanjang 750 m x 2,5 m. Pembuatan gorong-gorong plat beton 4 unit, pembuatan tebing penahan jalan panjang 400,3 m dengan tinggi rata-rata 125 cm dan lebar 40 cm. Dan untuk sasaran non fisik yakni penyuluhan pertanian dan peternakan, penyuluhan KB kesehatan, penyuluhan Narkoba, penyuluhan tentang undang-undang perkawinan dan penyuluhan Wasbang, Belneg dan Balatkom serta penyuluhan tentang Kambtibmas dan terorisme.


Untuk pelaksanaan selama 30 hari terhitung mulai tanggal 5 April 2017 sampai dengan 4 mei 2017. Adapun sumber dana dari APBD Provinsi Jawa Tengah yakni material Rp. 130.000.000,- SST Rp. 42.200.000,- upacara buka Rp. 5.000.000,- kemudian dari APBD Kabupaten Batang yakni Material Rp. 145.000.000,- upacara tutup Rp. 5.000.000,- dengan jumlah total Rp. 327.200.000,- kata Supirno selaku perwira pelaksana.


Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa program TMMD dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan program ABRI masuk Desa (AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan program TMMD terus diselenggarakan secara intensif dengan lingkup kerjasama yang semakin luas dengan kementerian-kementerian terkait. Hal ini dilakukan agar program TMMD semakin memberikan manfaat kepada masyaraka secara lebih tepat ujar Dandim 0736 Batang Letkol Inf. Fajar Ali Nugraha selaku inspektur upacara pada saat membacakan sambutan tertulis Kepala staf angkatan darat Jendral TNI Mulyono selaku penanggung jawab Operasional TMMD.


Setelah upacara selesai Dandim 0736 Batang Letkol Inf. Fajar Ali Nugraha dan Pj. Bupati Batang Siswo Laksono, SH.MKn juga menyerahkan bantuan kursi roda  dan uang pembinaan kepada penerima kemudian dilanjutkan peresmian Jalan yang menghubungkan antar dua dukuh yakni  Mraji dan pungangan Desa Wonokerso Limpung dari hasil TMMD.


Pj. Bupati Batang Siswo Laksono SH.MKn pada saat peresmian jalan makadam hasil TMMD mengatakan karena jalan ini masih dibangun dalam bentuk makadam maka kami mohon kepada warga masyarakat desa wonokerso untuk saling menjaga dan merawat bangunan jalan yang sudah jadi ini, agar tidak rusak dan kedepan semoga jalan tersebut bisa di beton.


Pembangunan jalan tersebut bukan hanya tanggung jawab pak kades saja namun tanggungjawab semua masyarakat desa wonokerso kami minta keikhlasan bapak ibu sekalian untuk saling merawat bangunan jalan yang telah jadi ini sesuai dengan kemampuan masing-masing dan mari kita sengkuyung bersama ujar Pj. Bupati Siswo Laksono, SH.MKn.


Tim Reportase :
Rilis : Herry Iwan Jaya

Editor : M. Maghfurin