Home / Berita / Teknologi / MENUJU SMART VILLAGE, JARINGAN KOMUNIKASI JADI PENDUKUNG EKONOMI KREATIF

Berita

Menuju Smart Village, Jaringan Komunikasi Jadi Pendukung Ekonomi Kreatif

Batang – Sosialisasi program Komunikasi dan Informatika serta Desa Pintar (Smart Village) yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang, diselenggarakan di Aula Bupati Batang Selasa (4/4). Acara diikuti oleh camat se-Kabupaten Batang beserta utusan dari 10 desa setiap kecamatan, serta beberapa OPD terkait.

“Maksud dari kegiatan ini adalah untuk menselaraskan program dan kegiatan kementerian, Pemda hingga desa, khususnya di Kabupaten Batang. Selain itu sebagai upaya pemantapan kegiatan smart village, menggali potensi dan peluang usaha mulai tingkat desa hingga tingkat kabupaten dan terakhir mendorong tumbuhnya inovasi baik dikalangan pemerintahan maupun masyarakat,” kata Jamal Abdul Naser, Kadiskominfo Batang, saat membuka acara.Plt Bupati Batang Nasikhin dalam sambutannya sangat mengapresiasi acara ini. Acara serupa sebaiknya diselenggarakan secara kontinyu, dan ada tahap evaluasi.

“Kolaborasi antara Kementerian Kominfo dan Pemkab Batang dalam hal penyediaan akses jaringan adalah sebagai wujud dari pelayanan pada masyarakat. Namun dalam pemanfaatannya, masyarakat harus bijaksana. Tidak boleh dipergunakan untuk hal-hal negative utamanya tidak untuk penyebaran hoak,” kata Nasikhin.

Sebagai pembicara, hadir Dadang Irianto dari Ditjen Pengembangan Pita Lebar dan Liz Zeny serta Syukri Qodri dari Badan Ekonomi Kreatif.

“Kementerian Kominfo melalui Ditjen Pengembangan Pita Lebar saat ini memfokuskan kegiatan penguatan jaringan khususnya di daerah 3T (Terluar, Terdalam, dan Tertinggal). Namun bila masih terdapat blank spot pada desa-desa di Pulau Jawa, segera kirimkan proposal untuk segera kami tindak lanjuti,” kata Dadang.

Liz Zeny dari Bekraf menyampaikan, bahwa saat ini Bekraf sangat mendukung usaha dan kegiatan kreatif masyarakat. Dukungan itu tertuang dalam 16 subsektor program kerja Bekraf, yang tujuannya adalah sebagai wadah untuk mendukung dan memajukan memajukan ekonomi kreatif masyarakat.

Antusias peserta pada acara ini terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Para kepala desa yang hadir sangat mengharapkan pemerintah untuk lebih memperhatikan koneksi jaringan di desa. Disamping itu, dukungan penuh pada sektor ekonomi kreatif masyarakat turut menjadi harapan bersama dari peserta sosialisasi.

Tim Reportase :
Rilis : 
Novia Ekawati Tama
Editor : Novia Ekawati Tama