Home / Berita / Kesehatan / HUT PPNI KE-43, BUPATI BATANG DEKLARASI GERMAS

Berita

HUT PPNI Ke-43, Bupati Batang Deklarasi GERMAS

Batang – Plt Bupati Batang Nasikhin, Jumat (31/3) bertempat di Kantor Kelurahan Karangasem Utara mendeklarasikan Gerakan Pembasmian Sarang Nyamuk dan Pemantauan Jentik Bersama (GERMAS) secara serentak dalam raangka HUT PPNI Ke-43 tingkat Kabupaten Batang.

Plt Bupati Nasikhin sangat apresiasi kegiatan gerakan pembasmian sarang nyamuk dan pemantauan jentik bersama yang di pelopori PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Batang bersama masyrakat secara serentak.

“Kami harapkan GERMAS ini bisa berkelanjutan, jangan sebagai kegiatan seremonial saja. Manfaatnya agar masyarakat benar terbantu. Kehadiran teman-teman perawat yang tergabung dalam PPNI untuk mensosialisasikan hidup sehat, antisipasi dan bebas DBD,” kata Nasikhin.

Disampaikan juga bahwa diusia ke-43 merupakan puncak produktivitas dan terbukti mampu mencatat rokor MURI untuk kegiatan penyuluhan cuci tangan secara serentak. Pembangunan kesehatan merupakan sektor utama pelayanan dasar pemerintah. Dalam pelaksanaanya Dinas Kesehatan secara sinergi dengan pendekatan multi sektoral.

“Karena pembanguan kesehatan salah satu indikator penting untuk mengukur Indeks Pembangunan Manusia dimana IPM kita secara nasional berada di urutan ke-65. Dalam membangun kesehatan bukan sekedar membangun pusat kesahatan saja tapi juga pola pikir masyarakat untuk hidup sehat,” jelas Nasikhin.

Sekretaris Dinas Kesehatan Agus Jaelani mengatakan bahwa penyakit demam berdarah harus di waspadai bersama. Untuk itu kerjasama pemberantasan sarang nyamuk, sangat penting dan harus ditingkatkan, karena antisipasi lebih penting sehingga rutinitas pemberantasan nyamuk bisa dilaksanakan,” jelas Agus.

Ketua PPNI Kabupaten Batang M Fajri mengatakan, rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT PPNI antara lain kegiatan penyuluhan cuci tangan secara sehat kepada masyarakat yang tercatat dalam rekor MURI, dan kegiatan bhakti sosial donor darah yang dikalangan perawat dan keluarganya.

Gerakan Pembasmian Sarang Nyamuk dan Pemantauan Jentik Bersama merupakan puncak rangkaian kegiatan HUT PPNI, kegiatan yang melibatkan anggota PPNI, kader kesahatan, dan masyrakat. Karena di Batang angka kejadian DBD (Demam Berdarah Dengue) termasuk tertinggi. Di Desa Karangasem Utara menjadi yang tertinggi di Batang.

“Kita akan masuk kerumah warga untuk memeriksa jenik nyamuk dan penampungan air, baik didalam maupun yang diluar rumah, kandang ternak, dan mengajak masyarakat untukmenjalankan pola hidup sehat,” pungkas Fajri.

Tim Reportase :
Rilis : Edo Solihun
Editor : Novia Ekawati Tama