Home / Berita / Pemerintahan / KUNJUNGAN KERJA TIM UNDIP SEMARANG DI KABUPATEN BATANG

Berita

Kunjungan Kerja Tim UNDIP Semarang di Kabupaten Batang

Batang - Pemkab Batang menerima kunjungan kerja (kunker) Tim Universitas Diponegoro Semarang. Tim Undip dipimpin langsung oleh Yos Johan utama selaku Rektor Undip. Kunker tersebut diterima secara langsung oleh Plt Bupati Batang Drs. Nasikhin yang di damping staf ahli bupati , asisten dan organisasi perangkat daerah terkait.

"Pemkab Batang sangat mengharapkan kerjasama dengan baik dalam segala bidang, karena Kabupaten Batang memiliki potensi lahan yang bisa digunakan untuk mendirikan kampus. Kedepan mudah-mudahan kita bisa terus menjalin peningkatan fungsi perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan," ujar Plt Bupati Batang Nasikhin pada saat menerima kunker Tim Universitas Diponegoro Semarang yang bertempat di meeting room Bupati Batang, kamis (2/3).

Nasikhin mengatakan Pemkab Batang telah mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat sehingga banyak mendapatkan penghargaan antara lain membangun nilai dan budaya kerja aparatur dan pembentukan unit peningkatan kualitas pelayanan publik (UPKP2).

"Selain itu fakta integritas telah kita laksanakan setiap kali ada pelantikan jabatan. Tanda tangan pada fakta integritas dan diucapkan oleh semua pns setiap hari senin saat apel pagi," jelasnya.

"Bupati Batang juga telah memperoleh Bung Hatta Anti Coruption Awards (BHACA) dan beberapa penghargaan lainnya, termasuk keterbukaan informasi publik dan sebagainya. Dalam dua tahun terakhir, tahun 2015 dan 2016 Pemkab Batang menjadi tujuan studi dari berbagai daerah lain," jelas Nasikhin.

"Saat ini masih dalam masa transisi dan alhamdulillah sudah terpilih Bupati Baru yakni Pak Wihaji dan Suyono, beliau ini memperoleh 56,6%. Terkait dengan lahan yang kita tawarkan untuk kerjasama yang pertama adalah untuk fakultas pertanian dan fakultas peternakan di wilayah desa Tumbrep Kecamatan Bandar. Dimana tanah tersebut dulu merupakan tanah ex PT. Traktak ," ujar Nasikhin.

Terkait dengan pola tanah sudah ada peraturan pemerintah maupun peraturan mendagri dengan pola tanah aset yang bentuknya hibah, kerjasama atau pinjam pakai. Harapannya tidak ada permasalahan dengan aset. Kerjasama Undip ini merupakan investasi jangka panjang.

Rektor Universitas Diponegoro Semarang Yos Johan Utama mengatakan, "untuk tingkat persaingan di Jawa Tengah Undip unggul. Nanti dengan adanya perguruan tinggi yakni Undip di Kabupaten Batang ini akan membawa daya tarik dan pengungkit. Perekonomian juga akan maju yakni multiplayer efeknya akan muncul serta mudahnya daya tranportasi."

"Kabupaten Batang ini sangat strategis dengan berdirinya Universitas Diponegoro karena program di Undip ini merupakan favorit. Nanti kita bisa melakukan kebijakan-kebijakan khusus dengan mandiri. Kemudian suasana tingkat pembangun akan terpantau sehingga dengan akan didirikannya pembangunan Undip ini akan menjadi daya tarik sendiri untuk Kabupaten Batang," ujar Yos Johan Utama pada saat memberikan penjelasan kepada Pemkab Batang.