Home / Berita / Pemerintahan / AKADEMI PRADIGTA MELULUSKAN 30 WISUDAWATI

Berita

Akademi Pradigta Meluluskan 30 Wisudawati

BATANG- Akademi Pradigta, lembaga pendidikan perempuan miskin, disabilitas dan kelompok marjinal pedesaan, meluluskan 30 wisudawati yang bertempat di Aula Kantor Bupati Batang Kamis, 2/3/17.

Plt. Bupati Batang Nasikhin yang merupakan Sekda Batang setelah mewisuda 30 orang wisudawati mengatakan, Akademi Pradigta yang diinisiatif Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) telah mendidik perempuan pedesaan di Kabupaten Batang agar mampu melaksanakan fungsi pemimpin dalam kehidupan mereka. Bebas dari kemiskinan, penindasan dan ketidakadilan.

“Akademi Pradigta merupakan wujud nyata penggerus gender yang menjadi kebijakan secara nasional, regional dan kebijakan pemerintah daerah. Mendidik kaum ibu atau perempuan untuk bisa mandiri menjadi ibu yang hebat dan bisa berdaulat,” kata Nasikhin.

Nasikhin juga mengatakan, prempuan atau wanita merupakan tiang negara. "Manakala wanita itu baik dan hebat semuanya, maka negara atau pemerintahan akan menjadi hebat, namun demikan sebaliknya kalau perempuan terbelakang, kurang pendidikan maka negara maupun desa tidak akan menjadi baik. Inilah yang menjadi pendorong kita semua untuk lebih memperhatikan perempuan."

“Kepada OPD terkait, terutama yang membidangi pemberdayaan perempuan untuk menjalin koordinasi dan kerjasama dengan PEKKA untuk melanjutkan program pemeberdayaan perempuan,” pinta Plt Bupati ini.

Perwakilan Kordinator PEKKA Nasional Fitria ningsih mengatakan, proses pendidikan Akademi Paradigta saat ini sudah berlangsung sejak Maret 2016 di 7 Provinsi (Aceh, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur) dengan jumlah akademia (peserta didik) lebih dari 200 orang untuk angkatan pertama.

“Kabupaten Batang sebagai pilot project Akademi Pradigta di Jawa Tengah. Sebagai kepedulian kita untuk membantu pembangunan desa. Bukan untuk menggangu ketidaknyamanan desa atau mencarial," jelas Desi Inayati. (edo)