Home / Berita / Pertanian Perikanan Perkebunan Peternakan / BABINSA KORAMIL 10 BATANG DAN PPL PERIKSA PADI SEBELUM PANEN

Berita

Babinsa Koramil 10 Batang dan PPL Periksa Padi Sebelum Panen

Batang - Sertu Hartono, Babinsa Kelurahan Kasepuhan Koramil 10/Batang Kodim 0736/Batang, Babinkamtibmas dan PPL, melaksanakan pendampingan pertanian dengan petani memeriksa  kondisi tanaman padi yang akan dipanen di sawah milik Mudadi seluas 2 hektar di Kelurahan Kasepuhan, Kabupaten Batang, Jumat (3/8).

Para petani berharap pendampingan Babinsa kepada petani ini harus terus dilakukan secara berkelanjutan sehingga nantinya diharapkan TNI selalu dapat membantu keluhan  para petani khususnya  yang di pelosok yang masih kurang mendapatkan sosialisasi dari PPL ataupun dari Dinas Pertanian setempat, oleh sebab itu petani sangat perlu mendapatkan pendampingan dari Babinsa maupun dari Petugas PPL. 

Pemerintah menargetkan dalam 3 tahun harus tercapai Program membangun ketahanan pangan Indonesia guna mewujudkan kondisi swasembada pangan, TNI AD dan seluruh jajarannya berupaya untuk melaksanakan pengawalan dan pendampingan terhadap petani dari mulai buka lahan/catak sawah, pembibitan atau penyemaian, pemupukan, panen dan Paska panen.

Mengenai pasca panen yaitu penyerapan gabah petani, TNI telah membentuk Satuan Tugas Penyerapan Gabah (Satgas Sergab) guna mempercepat penyerapan gabah petani, satgas ini pun menindak tegas pihak-pihak yang membeli gabah tidak sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah. 

Babinsa Koramil 10/ Batang Sertu Hartono mengatakan, kebutuhan pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling mendasar, sehingga ketersediaan pangan khususnya beras bagi masyarakat harus selalu terjamin. Dengan terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat, maka masyarakat akan memperoleh hidup yang tenang dan akan lebih mampu berperan dalam pembangunan.

Pembinaan terhadap para petani baik dalam Penerapan Inovasi Teknologi sehingga Luas Tanam dapat meningkat dengan memfasilitasi sarana dan prasarana pertanian yang dibutuhkan oleh petani.

“Serta menggali terus potensi dalam rangka menunjang swasembada pangan sehingga diharapkan dapat mengubah kondisi perekonomian masyarakat khususnya para petani di Kecamatan Batang," ungkapnya.

Di tempat yang berbeda, Danramil 10/Batang Kapten Inf. Abdul Muthalib menyampaikan, peranan nyata Babinsa dalam ketahanan pangan yaitu dengan turun langsung membantu petani dalam pendampingan, dari proses pra-penanaman padi, sampai dengan proses pasca panen padi. 

“TNI AD melalui Koramil dan Babinsa, terus membina petani dari mulai pembukaan lahan, penggarapan lahan, penyemaian, penanaman, pemupukan, panen dan yang terakhir pasca panen agar menjual hasil panen padinya ke Bulog, sehingga memberikan dampak peningkatan kesejahteraan kepada petani," imbuh Kapten Inf. Abdul Muthalib. (MC Batang, Jateng/Heri)