Home / Berita / Pertanian Perikanan Perkebunan Peternakan / BABINSA DAMPINGI PETANI AGAR PANEN PADI MELIMPAH

Berita

Babinsa Dampingi Petani Agar Panen Padi Melimpah

Serda Ahmad Gusman, anggota Koramil 12/Tulis Babinsa Desa Tegalsari bersama Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Syakir dan  Kepala Desa Tegalsari, Bambang Sasongko  mendampingi petani memanen padi di Desa Tegalsari, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Selasa (17/4).

Kades Tegalsari Bambang Sasongko menjelaskan, panen kali ini hasilnya sudah baik, namun kita rencanakan panen yang akan datang harus lebih baik dari sekarang. 

“Kita akan memperbaiki manajemen pengelolaan lahan yang baik, di antaranya seperti sawah harus dipetak-petak dan membuat saluran parit cacing,” jelasnya.

Ternyata menanam padi lanjutnya, tidak boleh di lahan yang terlalu besar karena pengairannya akan susah dan tidak merata, karenanya kita harus mengadakan penataan ulang lahan sawah yang akan dtanamii padi.

Sementara itu Syakir Ketua Gapoktan menyampaikan, akan merencanakan pembangunan gubuk dilengkapi dengan fasilitas tempat duduk.

“Jadi para petani saat menjelang waktu istirahat bisa beristirahat di gubuk ini sambil bersantap siang dan sambil berbincang-bincang,” tuturnya.

Dia mengharapkan para petani harus selalu berkomunikasi dan saling berbagi pengalaman, misalnya bagaimana mengatasi hama seperti serangan hama wereng, burung bangau, tikus dan lainnya

Pada kesempatan ini Serda Ahmad Gusman menambahkan, mari bersama-sama berusaha meningkatkan hasil panen yang akan datang, warga Desa Tegalsari jangan patah semangat. Petani harus sukses, kesuksesan bagi petani sangat penting demi keberlangsungan hidup semua orang.

“Bayangkan kalau semua masyarakat sudah tidak mau bertani atau menanam padi, percuma ada banyak uang dan harta melimpah kalau tak ada beras, kita mau makan apa, makanya petani harus sukses agar masyarakat tetap mau menanam padi,” tegas Serda Ahmad Gusman. (Pen-0736)