Home / Berita / Pemerintahan / PEMKAB GROBOGAN STUDI BANDING DI PEMKAB BATANG

Berita

Pemkab Grobogan Studi Banding di Pemkab Batang

Batang - Kunjungan Pemerintah Kabupaten Grobogan di Pemerintah Kabupaten Batang ini dalam rangka studi Komparasi, atau studi Banding terkait Penerapan E-Planing dan E- Budgeting, kunjungan tersebut bertempat di gedung pertemuan Bappeda Batang, kamis 19/1/17.

Kunjungan Pemkab Grobogan diterima secara langsung oleh Kepala Bappeda Batang Sabino Suwondo yang mewakili Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo. Kepala Bappeda Batang didampingi dari instansi terkait antara lain dari Bappeda, BPKPAD, Diskominfo, Bagian Pengendalian Pembangunan Batang.

Pujo Albahrun selaku ketua rombongan yang juga Kepala Bappeda Kabupaten Grobogan mengatakan kedatangan kami bersama rombongan dari kabupaten Grobogan ke Pemkab Batang tidak lain ingin ngasukaweruh, menimba ilmu dan berlajar di kabupaten Batang dan juga sebagai silahturahmi antara kami dari pemkab grobogan dengan pemkab Batang.

Tujuan kami ini ingin mengetahui bagaimana cara mengelola terkait ePlaning dan eBudgeting di Batang, dan kami mohon agar teman-teman ini bisa belajar di kabupaten Batang agar dapat kami terapkan di Kabupaten Grobogan, dan kami bersama rombongan kurang lebih 11 orang terdiri dari instansi Bappeda, BPPKAD, Diskominfo, tandas pujo.

Kepala Bappeda Batang Sabino Suwondo mengatakan dengan kedatangan tamu dari pemkab Grobogan ke Pemkab Batang ini dengan kegiatan studi banding Komparasi, ini kirannya akan menambah wawasan dan memberikan motivasi dalam melaksanakan pembangunan, mewujudkan masyarakat yang sehat, maju, mantap dan sejahtera dan harapannya akan terjalin kerjasama yang saling menguntungkan di antara dua daerah.

Pada kesempatan ini kami paparkan sekilas tentang materi studi komparasi, seperti halnya transparansi publik ini merupakan indikator yang sangat penting dalam pembangunan tata pemerintahan yang baik. Tujuan dari transaparasi adalah untuk menciptakan, informasi yang terbuka luas untuk masyarakat luas. Untuk membentuk aturan-aturan regulasi dan kebijakan pemerintah bagi publik secara jelas dan terbuka kata sabino.

Sabino menyampaikan beberapa hal dengan Teknologi Informatika (TI) di Kabupaten Batang didalam pelaksanaan transparansi penyelenggaraan pemerintahan, beberapa inovasi yang telah kami laksanakan antara lain, 1. Inovasi penyelenggaraan system informasi pemerintahan, 2. ePlaning, 3. eBudgeting, 4. SIMDA Keuangan, 5. Simpelbang dan sebagainya dalam paparan ini kami sudah melakukan berbagai kegiatan berkaitan dengan IT.

Dimana terkait Pengertian ePlaning yakni Sistem Informasi berbasis web untuk memfasilitasi proses perencanaan pembangunan daerah. Sedangkan eBudgeting yakni system berbasis web untuk memfasilitasi penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah kata sabino.

Selanjutnya kegiatan tersebut dilakukan dengan dialog dengan materi eplaning dan eBudgeting oleh tim teknis dari kabupaten batang.